Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis Kecil

Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis Kecil

Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis Kecil – Pemilik usaha kecil mendapatkan keuntungan dari software akuntansi karena membantu mereka melacak piutang dan hutang, memiliki pemahaman yang jelas tentang profitabilitas mereka, dan bersiap untuk musim pajak.

Dalam dunia software akuntansi, bisnis kecil adalah salah satu yang dapat menggunakan software out-of-the-box tanpa memerlukan penyesuaian yang ekstensif.

Seiring pertumbuhan bisnis, kebutuhan akuntingnya menjadi lebih kompleks, dan sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) yang disesuaikan seringkali dibutuhkan.

Ada banyak jenis perangkat lunak akuntansi yang tersedia untuk usaha kecil, dengan berbagai kemampuan dan label harga. Secara umum, jenis industri dan jumlah karyawan adalah dua faktor yang dapat membantu pemilik usaha kecil untuk memilih software akuntansi yang sesuai.

Keseluruhan terbaik: Quickbooks Online

QuickBooks Online adalah perangkat lunak akuntansi keseluruhan terbaik untuk bisnis kecil yang ditinjau.

Mayoritas profesional akuntansi bisnis kecil tidak hanya menggunakan QuickBooks Online, tetapi ada juga sumber daya dan forum pelatihan online yang tak ada habisnya untuk mendapatkan dukungan saat diperlukan. Semua fitur akuntansi dapat diakses dengan mudah di satu dasbor utama, membuat pembukuan lebih lancar dan efisien.

Pro

  • Skalabel
  • Biasa digunakan oleh para profesional akuntansi
  • Integrasi dengan aplikasi pihak ketiga
  • Berbasis cloud
  • Aplikasi seluler

Kontra

  • Perlu peningkatan untuk lebih banyak pengguna
  • Masalah sinkronisasi sesekali dengan bank dan kartu kredit

QuickBooks Online Intuit telah menjadi perangkat lunak akuntansi paling umum yang digunakan oleh bisnis kecil dan profesional pembukuan dan pajak mereka. Perangkat lunak ini berbasis cloud dan dapat diakses melalui browser web atau melalui aplikasi seluler.

Langganan bulanan untuk perangkat lunak ini dapat ditingkatkan seiring pertumbuhan bisnis, dan ada banyak opsi penyesuaian dengan aplikasi seluler yang dapat digunakan untuk menerima pembayaran, meninjau laporan, menangkap gambar tanda terima, dan melacak jarak tempuh bisnis. Untuk bisnis yang mencari solusi penggajian, QuickBooks Payroll sepenuhnya terintegrasi dengan QuickBooks Online.

Setiap paket menawarkan fitur yang lebih canggih seperti manajemen inventaris, pelacakan waktu, pengguna tambahan, dan penganggaran. Sebagian besar bisnis kecil berbasis layanan akan menemukan bahwa Simple Start memenuhi semua kebutuhan mereka. Untuk bisnis kecil berbasis produk, Essentials atau Plus akan memiliki lebih banyak opsi untuk inventaris dan penyesuaian. Langganan Lanjutan adalah penawaran baru dan menyediakan pelaporan keuangan yang kuat yang didukung oleh Fathom. Fathom adalah alat analisis laporan keuangan online elit yang digunakan oleh banyak perusahaan besar di seluruh dunia.

Semua paket memungkinkan integrasi dengan aplikasi pihak ketiga seperti Stripe atau PayPal. Toko aplikasi QuickBooks Online memecah semua aplikasinya menurut fungsinya dan memberikan contoh berguna tentang manfaat dari setiap aplikasinya.

Terbaik untuk pemilik usaha mikro: Xero

Perangkat lunak ini memiliki antarmuka yang bersih dan juga terintegrasi penuh dengan layanan penggajian pihak ketiga. Bisnis dapat mengumpulkan pembayaran online dari pelanggan melalui integrasi Xero dengan Stripe dan GoCardless.

Pro

  • Berbasis cloud
  • Aplikasi seluler
  • Integrasi penggajian dengan Gusto
  • Pasar aplikasi pihak ketiga
  • Manajemen inventaris sederhana

Kontra

  • Pelaporan terbatas
  • Biaya yang dikenakan untuk pembayaran ACH
  • Layanan pelanggan terbatas

Xero didirikan pada tahun 2006 di Selandia Baru dan sekarang memiliki lebih dari dua juta pengguna di seluruh dunia. Software akuntansi ini populer di Selandia Baru, Australia, dan Inggris. Xero memiliki lebih dari 3.000 karyawan dan juga berkembang pesat di A.S.

Rencana Awal membatasi penggunaan dan hanya mengizinkan entri untuk lima faktur atau kutipan, lima tagihan, dan rekonsiliasi 20 transaksi bank per bulan. Paket terbatas ini mungkin cocok untuk bisnis mikro dengan transaksi tiket tinggi, tetapi hanya beberapa per bulan, seperti konsultan atau penyedia layanan kecil. Baik rencana Growing dan Established menawarkan faktur, tagihan, dan transaksi tanpa batas. Satu-satunya perbedaan antara keduanya adalah bahwa paket Mapan memiliki fitur tambahan seperti multi-mata uang, manajemen biaya, dan biaya proyek. Ketiga paket tersebut menawarkan Hubdoc, solusi pengambilan tagihan dan tanda terima.

Terbaik untuk bisnis berbasis layanan: FreshBooks

Kebutuhan akuntansi yang paling penting untuk sebagian besar bisnis berbasis layanan adalah pembuatan faktur. FreshBooks menawarkan lebih banyak penyesuaian untuk pembuatan faktur dibandingkan dengan perangkat lunak akuntansi lainnya. Fungsi utamanya adalah mengirim, menerima, mencetak, dan membayar faktur, tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan pembukuan dasar bisnis. Perangkat lunak akuntansi ini memudahkan bisnis berbasis layanan untuk mengirim proposal dan faktur, meminta setoran, mengumpulkan pengikut klien, melacak waktu proyek, dan menerima pembayaran.

Pro

  • Berbasis cloud
  • Antarmuka yang ramah pengguna
  • Integrasi aplikasi pihak ketiga
  • Terjangkau
  • Fitur faktur lanjutan

Kontra

  • Tidak ada manajemen inventaris
  • Tidak ada layanan penggajian
  • Aplikasi seluler memiliki batasan

Didirikan pada tahun 2003 di Toronto, FreshBooks dimulai hanya sebagai perangkat lunak faktur. Seiring waktu, lebih banyak fitur telah ditambahkan dan FreshBooks sekarang memiliki lebih dari 300 karyawan. Ada empat paket berbeda, dan bisnis bisa mendapatkan diskon 10% jika mereka memilih untuk membayar tahunan, bukan bulanan. Selain itu, FreshBooks menawarkan diskon 60% per bulan selama enam bulan. Keempat paket tersebut adalah: Lite seharga $ 15 per bulan, Plus $ 25 per bulan, Premium seharga $ 50 per bulan, dan Select, yang merupakan layanan khusus dengan harga khusus.

Ada banyak integrasi aplikasi pihak ketiga yang tersedia, seperti Shopify, Gusto, Stripe, G Suite, dan banyak lagi. Fitur unik dari FreshBooks adalah bahwa faktur dapat dibuat dengan gaya yang tinggi dan disesuaikan untuk tampilan dan nuansa profesional. FreshBooks adalah alat yang hebat untuk menganggarkan proyek, mengirim perkiraan atau proposal, dan mengumpulkan pembayaran pelanggan.

Terbaik untuk freelancer paruh waktu: QuickBooks Self-Employed

Software akuntansi QuickBooks Self-Employed adalah pilihan utama untuk freelancer paruh waktu dan kontraktor independen yang terutama ingin melacak pendapatan dan pengeluaran mereka untuk pengembalian pajak mereka. Perangkat lunak ini dirancang untuk pemilik bisnis yang mengajukan Jadwal C pada pengembalian pajak individu mereka.

Tanpa mengikuti aktivitas bisnis menggunakan perangkat lunak seperti ini, freelancer perlu menggali semua laporan bank dan kartu kredit mereka untuk menambahkan pendapatan dan pengeluaran mereka di akhir setiap tahun, yang bisa sangat menakutkan. QuickBooks Self-Employed akan menjumlahkan semua transaksi bisnis secara otomatis.

Pro

  • Berbasis cloud
  • Aplikasi seluler
  • Lacak jarak tempuh
  • Membedakan antara pengeluaran bisnis dan pribadi
  • Sinkronisasi dengan TurboTax

Kontra

  • Data tidak dapat dengan mudah ditransfer ke perangkat lunak akuntansi lain
  • Pelaporan terbatas
  • Fungsi dan penyesuaian faktur terbatas
Software Akuntansi Terbaik untuk Bisnis Kecil

QuickBooks Self-Employed adalah produk Intuit dengan antarmuka online berbasis cloud dan aplikasi seluler. Perangkat lunak ini dibuat untuk membantu freelancer tetap teratur setiap tahun untuk musim pajak. Fitur QuickBooks Self-Employed termasuk pelacakan jarak tempuh, menyortir biaya, mengatur tanda terima, mengirim faktur, dan memperkirakan dan mengajukan pajak dengan mulus melalui TurboTax.

Aplikasi seluler memudahkan untuk melacak jarak tempuh saat mengemudi dan mengambil foto tanda terima untuk pengeluaran bisnis. Sebagian besar perangkat lunak akuntansi tidak dirancang untuk memisahkan transaksi bisnis dari transaksi pribadi, tetapi fitur khusus QuickBooks Self-Employed menyediakan opsi untuk menandai setiap transaksi sebagai bisnis atau pribadi. Ini berguna bagi freelancer yang tidak memiliki rekening bank terpisah untuk aktivitas bisnis mereka.

Perangkat lunak gratis terbaik: Wave

Wave adalah platform perangkat lunak akuntansi yang ideal untuk bisnis kecil berbasis layanan yang mengirimkan faktur sederhana dan tidak perlu melacak inventaris atau menjalankan penggajian. Pada akhir tahun, akuntan dapat mengambil laporan yang diperlukan dari Wave untuk menyiapkan pengembalian pajak bisnis.

Pro

  • Pembukuan gratis, pembuatan faktur, dan pemindaian tanda terima
  • Tidak ada batasan transaksi atau penagihan
  • Jalankan banyak bisnis dalam satu akun
  • Jumlah pengguna tidak terbatas
  • Aplikasi seluler

Kontra

  • Integrasi aplikasi pihak ketiga terbatas
  • Biaya yang lebih tinggi untuk kartu kredit dan pembayaran ACH
  • Penggajian layanan penuh dibatasi hanya di 14 negara bagian
  • Tidak ada manajemen inventaris

Wave didirikan pada 2010 dan berbasis di Toronto. Perusahaan ini memiliki lebih dari 250 karyawan dan baru-baru ini dibeli oleh Blok H&R. Fitur akuntansi dasar yang dibutuhkan sebagian besar bisnis kecil, seperti pelacakan pendapatan dan pengeluaran, pelaporan keuangan, pembuatan faktur, dan penerimaan pemindaian, semuanya disertakan dengan perangkat lunak gratis ini. Fitur-fitur ini dapat diakses secara online atau di aplikasi seluler. Proses pembayaran dan penggajian pelanggan dianggap sebagai layanan premium dengan biaya tambahan, tetapi semua fitur pembukuan, faktur, dan pelaporan sepenuhnya gratis.

Wave menawarkan dua paket penggajian sebagai layanan tambahan. Paket pertama adalah $ 20 per bulan ditambah $ 6 per karyawan atau kontraktor. Dalam rencana ini, Wave akan memproses penggajian dan menyiapkan penghitungan pajak penggajian, tetapi pengguna bertanggung jawab untuk mengisi formulir pajak penggajian secara manual dan mengirimkan pembayaran pajak. Paket kedua adalah $ 35 per bulan ditambah $ 6 per karyawan atau kontraktor. Dalam paket ini, penggajian adalah layanan penuh, yang berarti bahwa semua pengajuan dan pembayaran pajak sepenuhnya dikelola oleh Wave. Opsi penggajian layanan penuh ini hanya tersedia di 14 negara bagian.