Sekilas Tentang Anggaran

Sekilas Tentang Anggaran

Sekilas Tentang Anggaran – Anggaran (Budget) adalah rencana kuantitatif untuk memperoleh dan menggunakan sumber daya selama periode tertentu

Individu sering membuat anggaran rumah tangga yang menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran mereka untuk makanan, pakaian, perumahan, dan sebagainya sambil menyediakan tabungan.

Setelah anggaran ditetapkan, pengeluaran aktual dibandingkan dengan anggaran untuk memastikan bahwa rencana tersebut diikuti. Perusahaan juga menggunakan anggaran, meskipun jumlah pekerjaan dan detail mendasar yang terlibat jauh melebihi anggaran pribadi.

Dalam sebuah organisasi, istilah master budget mengacu pada ringkasan rencana perusahaan termasuk target khusus untuk aktivitas penjualan, produksi, dan pembiayaan.

Master budget — yang berpuncak pada anggaran kas, laporan laba rugi yang dianggarkan, dan neraca yang dianggarkan — secara resmi menjabarkan aspek keuangan dari rencana manajemen untuk masa depan dan membantu dalam memantau pengeluaran aktual relatif terhadap rencana tersebut.

Anggaran digunakan untuk dua tujuan perencanaan dan pengendalian yang berbeda.

Perencanaan melibatkan pengembangan tujuan dan persiapan berbagai anggaran untuk mencapai tujuan tersebut.

Pengendalian melibatkan langkah-langkah yang diambil oleh manajemen untuk meningkatkan kemungkinan bahwa semua bagian organisasi bekerja sama untuk mencapai tujuan yang ditetapkan pada tahap perencanaan.

Agar efektif, sistem penganggaran yang baik harus menyediakan perencanaan dan pengendalian. Perencanaan yang baik tanpa pengendalian yang efektif hanya membuang-buang waktu dan tenaga.

Salah satu tanggung jawab utama manajemen adalah perencanaan. Perencanaan adalah proses menetapkan tujuan yang luas. Organisasi yang sukses membuat rencana jangka panjang dan jangka pendek. Rencana-rencana ini adalah tujuan perusahaan dan cara yang diusulkan untuk mencapainya.

Anggaran adalah pernyataan formal dari rencana manajemen untuk metode tertentu dalam mengkomunikasikan tujuan organisasi yang telah disepakati.

Perusahaan biasanya mengusulkan anggaran untuk direncanakan dan pengendalian pendapatan (arus masuk) pengeluaran (arus keluar), kegagalan untuk menyiapkan anggaran dapat menyebabkan masalah arus kas yang signifikan atau bahkan bencana bagi perusahaan.

Setelah diadopsi, anggaran menjadi penting dalam instrumen yang kuat untuk kinerja. Kami menganggap peran penganggaran sebagai perangkat kontrol.

Anggaran adalah cetak biru dari rencana tindakan yang harus diikuti selama waktu tertentu untuk mencapai beberapa tujuan yang telah ditentukan.

Anggaran diklasifikasikan menurut 4 basis;

Jenis Anggaran Berdasarkan Waktu

Berdasarkan faktor waktu anggaran dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis:

Anggaran Jangka Panjang;

Anggaran ini terkait dengan operasi perencanaan suatu organisasi untuk jangka waktu 5 hingga 10 tahun. Anggaran jangka panjang dapat terpengaruh secara negatif karena faktor-faktor yang tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu, dari sudut pandang kontrol, anggaran jangka panjang harus dilengkapi dengan anggaran jangka pendek. Contoh: Anggaran Riset dan Pengembangan, Anggaran Belanja Modal, dll.

Anggaran Jangka Pendek;

Anggaran ini biasanya diambil untuk satu tahun. Terkadang anggaran dapat disiapkan untuk periode yang lebih pendek (seperti anggaran bulanan, anggaran triwulanan, dll.). Anggaran jangka pendek disiapkan secara rinci dan anggaran ini membantu untuk melakukan kontrol atas operasi sehari-hari. Contoh: Anggaran Konsumsi Material, Anggaran Pemanfaatan Tenaga Kerja, Anggaran Tunai, dll.

Jenis Anggaran Berdasarkan Kondisi

Berdasarkan kondisi yang berlaku, anggaran dapat diklasifikasikan menjadi 2 jenis:

Basic Budget

Anggaran yang ditetapkan untuk digunakan sebagai tidak berubah dalam jangka waktu yang lama disebut Anggaran Dasar. Anggaran ini tidak memperhitungkan perubahan yang terjadi dari lingkungan eksternal yang berada di luar kendali manajemen. Anggaran ini lebih berguna bagi manajemen tingkat atas untuk merumuskan kebijakan.

Current Budget

Anggaran yang dibuat untuk digunakan dalam waktu singkat dan terkait dengan kondisi saat ini disebut Anggaran Saat Ini. Anggaran tersebut disesuaikan dengan kondisi yang berlaku di bisnis saat ini.

Jenis Anggaran Berdasarkan Fungsi

Berdasarkan kegiatan atau fungsi suatu usaha, anggaran dibedakan menjadi 2 jenis:

Anggaran Utama / Master budget;

Integrasi akhir dari semua anggaran fungsional oleh Pejabat Anggaran menyediakan Anggaran Utama. Ketika anggaran fungsional telah selesai, Pejabat Anggaran menyiapkan Master budget. Master budget adalah anggaran ringkasan yang menggabungkan anggaran fungsional komponennya, yang akhirnya disetujui, diadopsi dan digunakan. Anggaran Utama menunjukkan laba operasi bisnis untuk periode anggaran dan neraca yang dianggarkan pada penutupannya. Anggaran ini menggambarkan rencana keseluruhan untuk periode anggaran.

Master budget terdiri dari beberapa anggaran yang terpisah tetapi saling bergantung. Langkah pertama dalam proses penganggaran adalah persiapan anggaran penjualan, yang merupakan jadwal terperinci yang menunjukkan penjualan yang diharapkan untuk periode anggaran. Anggaran penjualan yang akurat adalah kunci dari keseluruhan proses penganggaran.

Jika anggaran penjualan tidak akurat, sisa anggaran akan tidak akurat. Anggaran penjualan didasarkan pada perkiraan penjualan perusahaan, yang mungkin memerlukan penggunaan model matematika dan alat statistik yang canggih. Anggaran penjualan membantu menentukan berapa banyak unit yang perlu diproduksi.

Jadi, anggaran produksi disiapkan setelah anggaran penjualan. Anggaran produksi, pada gilirannya, digunakan untuk menentukan anggaran biaya produksi termasuk anggaran bahan langsung, anggaran tenaga kerja langsung, dan anggaran overhead pabrik.

Anggaran tersebut kemudian digabungkan dengan data dari anggaran penjualan dan anggaran biaya penjualan dan administrasi untuk menentukan anggaran kas.

Anggaran kas adalah rencana terperinci yang menunjukkan bagaimana sumber daya kas akan diperoleh dan digunakan. Setelah anggaran kas disiapkan, laporan laba rugi yang dianggarkan dan kemudian neraca yang dianggarkan dapat dibuat.

Anggaran Fungsional;

Anggaran Fungsional berkaitan dengan fungsi bisnis seperti penjualan produk dll. Dengan kata lain, Anggaran Fungsional disusun sehubungan dengan berbagai fungsi yang dilakukan dalam suatu bisnis.

Anggaran Fungsional yang biasa ditemukan dalam suatu urusan bisnis adalah sebagai berikut;

  • Anggaran Penjualan;
  • Anggaran Produksi;
  • Anggaran Material;
  • Anggaran Tenaga Kerja;
  • Anggaran Overhead Produksi;
  • Anggaran Overhead Administrasi;
  • Anggaran Overhead Penjualan & Distribusi;
  • Anggaran Pemanfaatan Tanaman;
  • Anggaran Tunai
  • Anggaran Riset & Pengembangan dan lainnya.

Jenis Anggaran berdasarkan Fleksibilitas

Berdasarkan anggaran fleksibilitas dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis;

Fixed Budget (atau Anggaran Statis)

Sekilas Tentang Anggaran

Fixed Budget adalah anggaran yang dirancang untuk tetap tidak berubah terlepas dari tingkat aktivitas yang dicapai. Jenis anggaran ini paling cocok untuk Biaya tetap, yang tidak ada hubungannya dengan volume output. Tetap -Budget tidak efektif sebagai alat untuk pengendalian biaya. Anggaran Tetap didasarkan pada asumsi bahwa volume output dan penjualan dapat diantisipasi dengan tingkat akurasi yang wajar.

Flexible Budget

Anggaran Fleksibel adalah anggaran yang dirancang untuk berubah berdasarkan tingkat aktivitas yang dicapai. Anggaran ini mengakui perbedaan perilaku antara biaya tetap dan variabel tentang fluktuasi output. Anggaran ini berfungsi sebagai alat yang berguna untuk mengendalikan biaya. Ini lebih realistis, praktis dan berguna daripada Anggaran Tetap.

Anggaran fleksibel yang dapat digunakan untuk memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap tingkat kegiatan dalam kisaran yang ditentukan. Anggaran yang fleksibel menunjukkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk berbagai tingkat kegiatan. Jumlah anggaran fleksibel untuk tingkat aktivitas tertentu ditentukan secara berbeda bergantung pada apakah biaya variabel atau tetap.

Jika biaya adalah variabel, jumlah anggaran fleksibel dihitung dengan mengalikan biaya per unit kegiatan dengan tingkat kegiatan yang ditentukan untuk anggaran fleksibel. Jika biaya ditetapkan, total biaya tetap yang dianggarkan asli digunakan sebagai jumlah anggaran fleksibel.

Anggaran fleksibel memperhitungkan bagaimana perubahan aktivitas memengaruhi biaya. Anggaran yang fleksibel memudahkan untuk memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap tingkat aktivitas dalam kisaran yang ditentukan. Ketika anggaran fleksibel digunakan dalam evaluasi kinerja, biaya aktual dibandingkan dengan biaya yang seharusnya untuk tingkat aktivitas aktual selama periode daripada dengan biaya yang dianggarkan dari anggaran awal.

Ini adalah perbedaan yang sangat penting — terutama untuk biaya variabel. Jika penyesuaian untuk tingkat kegiatan tidak dilakukan, sangat sulit untuk menafsirkan perbedaan antara biaya yang dianggarkan dan biaya sebenarnya.